Berlangganan Artikel !

News Letter

Untuk Berhenti Berlangganan klik disini »

Arsip Artikel

August 2018 (1)

March 2018 (1)

February 2018 (2)

October 2017 (1)

August 2017 (1)

August 2016 (5)

June 2016 (3)

April 2016 (3)

March 2016 (1)

February 2016 (1)

December 2015 (4)

September 2015 (2)

August 2015 (4)

July 2015 (5)

June 2015 (1)

May 2015 (1)

April 2015 (1)

February 2015 (1)

September 2014 (1)

May 2014 (1)

April 2014 (1)

March 2014 (2)

February 2014 (1)

January 2014 (2)

December 2013 (3)

November 2013 (3)

October 2013 (4)

September 2013 (6)

August 2013 (6)

July 2013 (2)

June 2013 (6)

May 2013 (7)

Arsip Saat Teduh

Banner Situs

Statistik Pengunjung


hari ini : 73
Total : 83027

Hits hari ini : 949
Total Hits : 295520

Online: 4

HOW IMPORTANT IS YOUR LIFE TEACHER?

Tunasbangsakpg.com - Sekolah Komunitas Kristen Tunas Bangsa Kupang lahir dengan Visi ”Menjadi sebuah model lembaga pendidikan yang memberi inspirasi dalam menerapkan karakter Kristus” dan Misi ”Menghasilkan pemimpin yang memiliki karakter Kristus, kompeten dan mampu memberi dampak positif terhadap lingkungan”.

Dengan visi dan misi ini yang mulia ini Yayasan Harapan Bangsa sebagai pengelola sekolah ini terus berbenah diri untuk mewujudkan visi dan misi ini dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada guru-guru dan staff yayasan. Pada kesempatan pelatihan tanggal 2 mei 2014 ketua Yayasan Harapan Bangsa Kupang, Ibu. Melsiana Pellokila, S.Pd memberikan materi tentang :

 

HOW IMPORTANT IS YOUR LIFE TEACHER?

  • Sebagai guru , cara hidup kita penting
  • Tidak ada profesi lain yang  intens keamanan untuk anak-anak. Kecuali guru .
  • Hubungan kita dengan Tuhan, dan bagaimana komunikasi kita dengan Tuhan sangat memberikan pengaruh kepada anak-anak yang ada dibawah bimbingan kita.

Ibu Melsiana dalam materinya mengatakan bahwa 18 tahun lalu waktu saya mulai terpanggil jadi guru ada dua ayat firman yang memberikan saya sedikit perhatian yaitu

  • Yakobus 3 :1 Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.
  • 3:2 Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.

Saya tahu bahwa Tuhan memanggil saya ke dalam dunia Pendidikan , tapi kata akan dihakimi,  bukanlah merupakan pikiran yang baik, Mengapa ya, sebagai guru  akan dihakimi saya bertanya?. Dengan bertumbuhnya pengalaman saya dalam dunia pendidikan saya mengerti bahwa, sebagai seorang guru maka saya selalu menjadi  model yang dicontohi.

 

Dalam masa pertumbuhan maka anak akan sangat dipengaruhi, mengapa karena  anak-anak seperti spon yang akan menyerap apa yang menjadi model didepan mereka, Sebagai guru saya harus dapat memperhitungkan apa yang telah saya lakukan untuk memberi kontribusi selama masa pertumbuhan mereka . Anak dipengaruhi dari sikap guru, Nada suara, ekspresi, sopan santun ,  penampilan, sikap,  dan yang sangat penting, bagaimana  respon kita dengan situasi sehari-hari.

Untuk mengetahui bahwa kita dipanggil menjadi guru,   adalah bahwa kita,  sedang berada dalam terang dari tanggung jawab suatu kenyamaan hidup yang mana kita sedang melakukan investasi kepada sebuah kehidupan baru.

 

Waktu Tuhan memanggil kita menjadi guru , maka Tuhan memungkinkan kita untuk berjalan dalam panggilan kita. KebenaranNYA, damaiNYA, dan kekuatanNYA ada untuk kita senantiasa. Ada saatnya ketika saya merasa  tidak memadai sebagai seorang guru, kelemahan saya melebihi kekuatan saya , kesabaran dan penguasaan diri menjadi berat . dalam momen seperti ini saya tidak bimbang bahwa hubungan saya dengan anak-anak saya ada dalam hubungan saya dengan Tuhan , semakin saya intim dengan Tuhan, semakin saya mempengaruhi anak-anak dengan kualitas hidup yang terbaik, semakin saya memiliki hubungan yang intim dengan bapa surga maka secara itu pula anak-anak saya akan bertumbuh dalam hubunganNya dengan Tuhan.

  • Guru adalah kurikulum yang hidup
  • Yesus guru besar yang menjadi contoh kita
  • Yesus menghidupi kurikulum bapa surgawi, bluprintnya bapa yakni hubungannya dengan manusia

Apa itu curriculum yang hidup?

  • Instruksi yang datang dari pikiran yang dipenuhi oleh firman tuhan yang diterima dan dilakukan pertama  dalam hidup sendiri, sebelum di ajarkan kepada anak-anak.
  • Instruksi yang lahir dari dari doa dan syafaat ,dimana tuhan setiap hari mendapat kesempatan untuk mengarahkan persiapan kita untuk mengajarkan anak-anak yang dibawah perlindungan, penjagaan, mentoring.

Mengapa karena setiap pelajaran harus memiliki prinsip firman?, Bagaimana  kurikulum kita menjadi hidup!, Bagaimana caranya agar kita bisa menjadi seperti yesus dalam cara kita mengajar!.

  • Dalam mengaplikasi pelajaran kepada firman tuhan, maka kita sudah harus pastikan bahwa kenbenaran yang saya ajarkan ini sudah saya lakukan sebelumnya.jika tidak maka kita tidak bisa mengajar dengan kuasa
  • Dalam doa; minta tuhan menunjukkan kepada kita beberapa kebutuhan khusus anak dalam kelas yang harus kita tangani dengan pengajaran kita.
  • Cara  belajar adalah melalui pengalaman hidup. Dengan pengertian ini maka kita mengerti pentingnya dalam pengajaran kita  menggunakan pengalaman hidup anak untuk meningkatkan kemampuan belajarnya
  • Lihat pola belajar anak dari kinestik, visual, auditory
  • Ambil waktu untuk merencanakan apa yang harus kita ajarkan , agar anak dapat melakukan pengetahuan itu kepada kehidupannya
  • Jadilah guru yang anak dapat belajar dari kita, sebab kita tidak dapat memisahkan dari apa yang kita percayai untuk kita ajarkan dengan keberadaan diri kita yang sebenarnya
  • Sebab model siapa kita dinantikan oleh anak untuk  belajar
  • Jadilah guru yang mengkonstribusi kehidupan pada anak yang kita muridkan/ mentor,  seperti yang yesus lakukan untuk kita


Lihat Juga


1 Komentar di: HOW IMPORTANT IS YOUR LIFE TEACHER?

MiguelCrunc
21 September 2018 - 18:43:20 WIB

click here for more
<a href=http://www.wistv.com/story/38491934/gnation-shows-tha t-gamers-care-about-charity-at-e3-2018>GNation</a&g t;
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :

(Masukkan 6 kode diatas)